Rossi Juarai Monza Rally Show 2017

Dunia balap tampaknya memang mengalir dalam tubuh Valentino Rossi, Minggu pekan lalu ia sukses mempertahankan gelarnya sebagai juara pada ajang Monza Rally Show 2017.  Ini adalah kemenangan ke-6 baginya sejak mengikuti ajang tahunan yang digelar sejak tahun 1998.

 

Rally ini digelar di Autodrome Nazionale  Monza, Italy selama 3 hari. The Doctor mengendarai mobil Ford Fiesta WRC 1.6 sukses menundukkan kompetitor utamanya Thierry Neuville serta Andreas Mikkelsen, yang mengendarai Hyundai WRC.

 

Sesungguhnya peluang Rossi untuk menjadi juara pada ajang tahunan ini termasuk cukup berat terutama karena pada hari pembuka, Jumat lalu, sebagai pemenang adalah Neuville. Keesokan harinya, Neuville yang mengendarai i20 WRC itu kembali menjadi juara.

Akan tetapi, terjadi insiden menabrak penanda sirkuit sehingga ia harus menjalani penalty selama 10 detik serta mengalami pecah ban belakang kiri memupuskan harapannya untuk terus berjaya. Rossi pun terlihat tampil trengginas di hari terakhir ajang balap ini.

 

Bukan hanya Neuville, Rossi pun sempat terkena penalti 10 detik karena mobil Ford Fiesta RS WRC 2016 yang dipilihnya ternyata lebih ringan 7 kg menjelang dua stage terakhir. Tetapi ini tak mengurungkan tekad juara dunia tujuh kali di kelas utama MotoGP untuk menancapkan namanya sebagai pemenang Togel Online dan membuat lawannya tertinggal jauh.

Ini adalah gelar juara keenam yang berhasil direbutnya setelah tahun 2006, 2007, 2012, 2015, dan 2016. Selama mengikuti ajang Monza Rally Show mulai tahun 1998 The Doctor sukses mengungguli rekor lima kemenangan milik Rinaldo Capello.

 

Rossi mengatakan bahwa kemenangannya kali ini membuatnya teringat pada saat tampil di Phillip tahun 2003. Saat itu pun ia mendapatkan penalti 10 detik, setelah mendahului pembalap lain di bawah bendera kuning, tapi sekali lagi kondisi tersebut tak menyurutkannya untuk memenangkan perlombaan.

 

Ia juga mengaku terkejut mendapat penalti 10 detik karena merasa itu adalah kesalahan sepele yang dilakukan oleh tim-nya.

 

Tim teknisinya membuat kesalahan karena menimbang bobot mobil dengan kisi-kisi cahaya. Awalnya ia memang sempat protes tetapi akhirnya menerima keputusan tersebut.

 

Catatan Prestasi Rossi pada ajang Monza Rally Show 2017
1998: Mundur di pertengahan lomba
1999: Berada di posisi ke-delapan
2000: Mundur di pertenganan lomba.
2001-2002: Monza Rally Show absen diselenggarakan.
2003: Berada di posisi ke-tujuh
2004: Berada di posisi ke-tiga
2005: Berada di posisi ke-dua
2006: Juara
2007: Juara
2008: Berada di posisi ke-dua
2009: Berada di posisi ke-dua
2010: Rossi tidak mengikuti kompetisi
2011: Berada di posisi ke-dua
2012: Juara
2013: Berada di posisi ke-dua
2014: Berada di posisi ke-dua
2015: Juara
2016: Juara
2017: Juara

 

Aksi Rossi di ajang Rally Monza

Aksi Rossi di belakang kemudi pada ajang Rally Monza rupanya tak kalah mengesankan dibandingkan performanya pada MotoGP. Ini terlihat pada akun instagram @antony_pre_ yang mengunggah aksi Valentino Rossi saat baru keluar dari paddock.

 

Tampak melajukan mobilnya seperti kesetanan, Rossi dengan piawai mengendalikan kendaraannya tersebut sementara di sisi kiri dan kanan dipadati penonton yang hanya dibatasi pagar besi kecil. Monza Rally sesungguhnya adalah kejuaraan adu cepat di atas mobil WRC atau World Rally Championship.

 

Konsep gelaran ini adalah serupa dengan kejuaraan dunia World Rally Cross dengan sirkuit pendek yang dilengkapi segala jenis medan pada balapan rally. Ada jalan aspal, tanah, halang rintang, serta gravel. WRC juga termasuk sebagai kejuaraan rally paling tinggi di dunia. Pebalap MotoGP lainnya yang pernah terlibat pada kompetisi ini adalah Andrea Iannone serta Andrea Dovisiozo.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018: Corsica Movie | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress