Kementerian Perhubungan Menambah Lima Rute Tol Laut Pada Tahun 2018

Kementerian Perhubungan dikabarkan mengubah pola laut dari yang tadinya sekedar trayek saja menjadi pengumpul dan juga pengumpan pada tahun 2018 mendatang. Ada konsekuensi dari ini semua yakni trayek laut menjadi lebih banyak dari yang sekarang ini hanya ada 13 saja menjadi 18 buah pada tahun mendatang.

Akan Ada Lebih Banyak Trayek Laut

Adapun di antara trayek-trayek tersebut ada 15 yang  merupakan trayek tol laut utama. Dan ada 3 lainya yang menjadi trayek pengumpang atau feeder. Sebelumnya, trayek tol laut adalah salah satu program dari Presiden Jokowi pada bidang maritim gua meningkatkan pemerataan pertumbuhan yang ada di Indonesia bagian timur.

Dalam program yang mana diluncurkan sejak bulan November 2015 lalu itu pemerintah menyediakan kapal-kapal angkit yang menuju ke rute-rute pelabuhan tertentu. Rute-rute tersebut khususnya yang menuju ke Indonesia bagian timur. Dengan cara demikian maka biaya logisktik khususnya di Indonesia Timur dapat ditekan.

Tahun ini diberitakan bahwa tol laut melayani 13 trayek di mana 7 trayek sudah ditugaskan pada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Sedangkan 6 proyek yang lainnya dilaksanakan oleh perusahaan swasta. Direktur Jendral Perhubungan Laut yakni Agus Haji  Purnomo mengungkapkan bahwa perubahan trayek ini memiliki tujuan yakni memaksimalkan pemanfaatan dari rute tol laut.

“Pola trayeknya dimodifikasi. Pasalnya ya yang lalu ada pelabuhan yang tak bisa disinggahi kapal-kapal besar,” ungkapnya saat ia menghadiri Seminar Nasional Transportasi Laut Perkembangan Program Infrakstruktur Maritim guna Meningkatkan Konektivitas di Indonesia sebagai Bagian dari Poros Maritim Dunia yang dihelat di Hotel Le Meridien yang bertempat di Jakarta pada hari Kamis (21/12).

Di dalam skema yang baru, pelabuhan pasalnya akan menjadi bagian tol laut yang mana difokuskan pada pelabuhan pengumpan atau feeder yang mana lebih efektif guna menjangkau pelabuhan kecil. Karenanya ada 3 di antaranya trayek di tahun 2018 mendatang yang menjadi trayek pengumpan yakni Tobelo, Biak dan Sangihe.

Dengan bertambahnya trayek tol laut dengan itu tol laut pemerintah bertambah juga tahun 2018. Pertambahan itu yang semula berjumlah Rp. 335 milyar menjadi Rp. 447 milyar. Kebutuhan subsidi itu sudah dianggarkan di salam APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) 2018.

Wisnu Handoki selaku Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Direktorat Angkutan Laut Direktorat Jendral Perhubungan Laut, menyatakan bahwa selama ini pemerintah bandar togel hongkong daerah belum bisa memaksimalkan penggunaan tol laut. Hal itu bisa dilihat dari tingkat keterisian bawaan yang datang dari Indonesia Timue yang mana jumlahnya masih di bawah 20%.

“Apabila dari barat ke timur, muatan kapal penuh. Bahkan juga ada yang kapasitasnya sampai 120%,” tuturnya lagi. Ia melanjutkan, tahun depqn pemerintah bakal menambah 15 buah pelabuhan singgah di jalur tol laut Indonesia di bagia timur. Dan dengan itu menjadi 55 buah pelabuhan. Dengan begitu, akses tol laut akan bisa menjadi lebih luas dan juga terintegrasi dengan kapal-kapal kecil dan juga moda transportasi lainnya.

Ada beberapa rute yang sudah disiapkan untuk tol laut utama tahun 2018. Jumlahnya ada 15 rute  yang dinamai T1 sampai dengan T15. Diharapkan bahwa rute-rute ini bisa membantu pengguna tol laut dan bisa juga dimaksimalkan karena pemerintah dan khususnya Presiden Jokowi yang memiliki gagasan dan janji ini juga sudah berusaha menyediakan untuk memudahkan transportasi dan angkutan lainnya di Indonesia.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018: Corsica Movie | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress