5 Cara Menggunakan Uang THR Dengan Bijak

Bulan Ramadhan dan momen lebaran memang merupakan saat yang paling ditunggu para karyawan kantor dan PNS, alasannya tentu karena waktunya pembagian THR alias Tunjangan Hari Raya. Berdasarkan surat edaran Kementrian Ketenagakerjaan, batas akhir penyaluran uang THR bagi para karyawan adalah tanggal 5 Juni 2018.

 

THR dapat dikatakan sebagai uang bonus atau gaji ke-13 bagi para karyawan. Walaupun merupakan penghasilan tambahan, dana THR tetap harus dimanfaatkan dengan bijak agar di kemudian hari tak memicu kesulitan keuangan. Ini karena kebutuhan menyambut lebaran yang umumnya sangat besar. Bila tak direncanakan dengan baik, uang THR bisa menguap tanpa sisa berapa pun besarnya.

 

Cermat memanfaatkan uang THR

Bagaimana dengan Anda? Apakah di tahun ini Anda telah membuat perencanaan untuk uang THR tersebut? Untuk membantu Anda berikut ini adalah 5 pos uang THR yang sebaiknya Anda sisihkan.

  1. Tabungan – Perlakukan THR sama seperti gaji bulanan. Sisihkan 10% hingga 20% sebagai dana tabungan judi poker dan masukkan ke dalam rekening. Agar tak tergoda untuk membelanjakannya, termasuk untuk keperluan sehari-hari, segera sisihkan uang untuk tabungan begitu mendapatkan THR .

 

  1. Zakat – Bila besaran uang THR yang Anda terima pas-pasan, segera sisihkan pula jatah untuk berzakat. Prioritaskan hal tersebut sebelum digunakan untuk membeli berbagai keperluan lebaran seperti baju baru atau perlengkapan ibadah. Alasannya tentu saja karena ini adalah kewajiban bagi semua muslim yang harus dibayar sebelum hari raya Idul Fitri.

 

Untuk mendapatkan informasi tentang besaran zakat Anda bisa menghubungi Badan Amil Zakat terdekat. Pakaian baru dan perlengkapan ibadah sebaiknya sebesar maksimal 20% saja dari THR. Anda bisa berbelanja baju lebaran ini dengan hemat misalnya pada online shop langganan, atau menyiapkannya jauh hari agar harganya tak melonjak dan tak harus mengantri di pusat grosir.

 

  1. Kue dan hidangan lebaran – Tentu saja keperluan tersebut wajib bagi kita karena akan semakin memeriahkan suasana lebaran. Tak perlu berlebihan agar tak membuang-buang makanan dengan percuma. Hitung anggota keluarga dan kerabat atau teman yang biasa bertandang ke rumah dan mencicipi hidangan lebaran. Tak perlu berlebihan dalam merayakan Idul Fitri agar tak justru kehilangan maknanya.

 

Bila rumah masih terlihat rapi dan layak, tak perlu memboroskan uang untuk mendekor ulang atau mengecat rumah Anda. Bila Anda termasuk mereka yang menjalankan tradisi mudik, dana untuk kebutuhan tersebut sebaiknya tak menggunakan uang THR, melainkan dana simpanan yang telah dikumpulkan sejak beberapa bulan sebelum Idul Fitri.

 

  1. THR untuk pekerja di rumah – Tak hanya Anda yang senang mendapatkan THR, tetapi juga mereka yang bekerja di rumah Anda, misalnya pengasuh anak atau asisten rumah tangga. Untuk menjalin hubungan baik sekaligus sebagai rasa terima kasih, jangan lupakan bonus untuk mereka. Bila ingin memberikan bonus dari jatah THR Anda, segera setelah menerima uang tersebut pisahkan ke dalam amplop-amplop untuk diberikan kepada yang bersangkutan. Besaran bonus untuk asisten rumah tangga atau baby sitter idealnya sama dengan gaji 1 bulan yang mereka terima.
  2. Investasi – Bila setelah lebaran uang THR masih tersisa Anda bisa menggunakannya untuk membayar hutang atau menambah dana investasi, salah satunya untuk mencicil tagihan kartu kredit yang belum lunas di bulan lalu. Bila semua sudah beres, Anda bisa memanfaatkan uang THR misalnya untuk membeli reksadana, menambah modal bisnis rumahan, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018: Corsica Movie | Travel Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress